Kamis, 04 Agustus 2011

Istilah GPS

Garmin Colorado 300 Handheld

Fasilitas ini memungkinkan map pointer akan selalu berada tepat pada suatu jalur meskipun kenyataannya  pengguna berpindah tempat dalam batas toleransi jarak tertentu. Dengan adanya fasilitas ini pengguna akan merasa "keep on the right track" => sesuatu yang sah-sah saja bila didukung dengan peta yang mempunyai tingkat keakurasian tinggi. Apabila tidak maka akan timbul efek "bingung" alias map pointer akan diam sejenak sambil terus melakukan kalkulasi untuk menentukan kecenderungan saat ini berada pada jalur yang mana. Efek ini bisa timbul bila current position berada di tengah-tangah dua jalur yang bersebelahan, hal ini bisa disebabkan akurasi GPS yang rendah dikarenakan sinyal yang diterima lemah atau peta pendukung pada perangkat GPSnya tidak akurat.

Atribut ini memungkin untuk menset tampilan peta di GPS, dimana bila mode:
North Up
Bagian atas peta yang ditampilkan adalah identik dengan kutub Utara bumi, sehingga apabila kita melakukan perjalanan maka yang berubah adalah sudut map pointer.
Track Up
Bagian atas peta searah dengan apa yang ada di depan pengguna. Pergerakan yang terjadi akan mengakibatkan peta yang ada pada GPS device akan berubah/berputar arah

Objek/tempat-tempat menarik (POI: Point Of  Interest) adalah fasilitas yang di berikan Garmin untuk menandai sekaligus mengelompokkan suatu lokasi, sehingga mempermudah dalam proses pencarian-nya. Pada Garmin device, saat ini terbagi dalam 11 kategori yakni:
Food&Drink

Lodging

Attraction

Entertainment

Shopping

Services

Transportation

Emergency&Goverment

Manmade Places

Water Features

Land Features

Setiap POI bisa memiliki atribut : nomor, nama jalan, telpon, kode pos, kota, propinsi dan negara. Dan sangat disayangkan peta Indonesia belum mampu memiliki kelengkapan data tersebut . Tidak semua Garmin device mendukung beragam POI tersebut dan masing-masing kategori tersebut memiliki pula beragam sub kategori, untuk lengkapnya bisa dilihat di sini.

Fasilitas ini bisa dikatakan merupakan keistimewaan/keunikan Garmin device. Pengguna diberi kemudahan dalam menentukan jalur yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Terdapat tiga tipe pencarian jalur yakni:
Short distance (jarak tempuh terdekat)
Faster Time (waktu tempuh tercepat)
Off Road (abaikan jalan yang ada, tarik garis lurus dari tempat berada ke tempat tujuan)

 Jalur yang akan ditempuh akan bergantung sekali pada kendaraan apa yang digunakan. Garmin membedakannya menjadi 8 tipe, yakni:


Car/Motorcycle
Truck
Bus
Emergency
Taxi
Delivery
Bicycle
Pedestrian
Tidak semua Garmin device memiliki fasilitas ini dan sayangnya fasilitas ini belum bisa dinikmati di Indonesia dikarenakan belum adanya peta yang mendukung kemampuan istimewa ini

Tracklog berguna untuk menandai perjalanan yang telah dilalui, sehingga apabila diperlukan pengguna bisa balik ke jalur semula dengan menelusuri kembali jejak track yang telah terbentuk. Idealnya GPS akan melakukan penyimpanan track (track log) setiap detiknya. Namun dimungkinkan untuk melakukan pengaturan interval waktu penyimpanan track yang tentunya bertujuan menghemat track point saat melakukan suatu perjalanan. Masing-masing GPS device memiliki kapasitas penyimpanan aktif track point yang berbeda-beda, sehingga  perlu diperhatikan dan dihemat apabila sedang melakukan perjalanan jauh. Umumnya metode yang digunakan adalah otomatis yakni GPS sendiri akan menentukan apakah suatu posisi perlu dicatat atau tidak. Bila anda lebih banyak berjalan dijalur yang panjang dan lurus (tol) mungkin bisa menggunakan metode penyimpanan setiap 500m sekali agar lebih hemat.

Waypoint bisa diartikan sebagai penanda sementara terhadap suatu posisi dan setiap GPS device memiliki total jumlah waypoint yang berbeda-beda. Berbeda dengan POI yang sifatnya permanen dan menempel pada peta, waypoint lebih bersifat data sementara yang sewaktu-waktu bisa dihapus. Meskipun demikian waypoint juga memiliki beberapa tipe seperti halnya POI, namun tidaklah selengkap POI.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More